Menhub Resmikan 12 Pelabuhan Laut Di Sulut

By Admin

nusakini.com-- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan 12 pelabuhan laut di provinsi Sulawesi Utara. Acara ini dipusatkan di pelabuhan Tahuna Kabupaten Sangihe, wilayah perbatasan Indonesia dan Piliphina, Minggu (1/5/2016). 

Menurut Jonan, peresmian pelabuhan laut di wilayah Sulawesi Utara merupakan realisasi program tol laut serta Program Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan, program tol laut akan beroperasi akhir Mei 2016 dengan jalur Makassar, Tahuna, Lirung sampai Halmahera pulang pergi.

"Rute tol laut ini akan terus melayari jalur yang sudah ditetapkan secara rutin baik ada muatan maupun tidak, agar tranportasi barang tidak terhambat,"katanya.

Sementara itu Plt Dirjen Perhubungan Laut Umar Aris dalam laporannya mengatakan 12 pelabuhan yang dimaksud berada di tiga kabupaten yaitu Sangihe, Sitaro dan Minahasa Selatan.

"Di kabupaten Sangihe ada sembilan pelabuhan laut yaitu Tahuna, Petta, Bukide, Kalama, Lipang, Kahakitang, Kawaluso, Matutuang dan Kawio. Di Kabupaten Sitaro pelabuhan Sawang dan Buhias. Sedangkan di Minsel pelabuhan Amurang,"katanya (ab)